Memilih Laptop Untuk Game

No Comments
1. Prosesor
Prosesor merupakan otak dari komputer, udah jelaslah, kalo otaknya bagus pasti bagus juga buat game. Pastikan prosesor yang kamu pakai adalah generasi diatas Quad Core untuk prosie Intel biar bisa buat main game2 terbaru yang rata-rata menuntut spek tinggi. Kalau versi AMD, penulis ga terlalu hafal generasinya, tapi generasi Phenom udah lumayan.
Selain generasinya, lihat juga cachenya,,, biasanya berkisar 1 MB, 2 MB atau 3 MB atau lebih, makin besar cahce-nya makin bagus dan kemampuan prosie buat memproses data jd lebih cepat.
Terakhir lihat clockspeednya,,, satuannya GHz atau GigaHertz, diatas 2 Ghz itu sudah baguslah, walaupun ga jamin, coz speednya 3 Ghz-pun bisa kalah ama 2 GHz yang punya 2 atau 4 inti (core), apalagi ditambah fitur Turboboost yang bisa menaikkan clock secara otomatis saat menjalankan program berat (auto overclock).
Selanjutnya, untuk membandingkan nilai CPU benchmark-nya, silakan cari di situs http://www.cpubenchmark.net/cpu_list.php. Dari situs itu kita bisa tahu skor nilai benchmark dibanding prosesor lainnya, baik intel maupun AMD.
Contoh nilai bechmark pada masing2 prosie (CPU)
CPU Benchmark untuk Intel dan AMD
CPU Benchmark
kolom Passmark CPU Mark (semakin tinggi, semakin bagus), kolom Rating (semakin rendah semakin bagus), CPU Value (semakin tinggi semakin bagus) dan Harganya tentu saja. Yg di fillcolor merah muda itu punya penulis saat ini.

2. Video Graphic Adapter (VGA)
Ini salah satu komponen terpenting buat main game, namanya graphic udah jelas berhubungan dengan tampilan grafis. Untuk melihat bagus tidaknya VGA lihat saja dari chipsetnya. Pokoknya ada 2 pemain besar dalam pasar VGA di dunia, yaitu Geforce dan ATI Radeon, walaupun ada juga yg lain,,, semakin baru generasinya tentu semakin bagus,,, nah untuk mengetahui chipset suatu VGA bisa dilihat melalui spesifikasi yang tertera disitu, misal ATI Radeon HD545V, kalau tidak tercantum disitu bisa di lihat dengan cara ketik “dxdiag” pada menu search di Win 7, atau di RUN lalu “dxdiag” di Win XP, cari di menu display.
Setelah itu cari tahu kemampuan VGA tersebut lewat Tehnik Benchmarking, ga usah susah-susah,,, klik aja di situs http://www.videocardbenchmark.net/gpu_list.php, ctrl + f untuk mencari VGA yg dimaksud. Dari situs itu didapat data tentang nama chipset / seri VGA, kolom Passmark G3D Mark (semakin tinggi, semakin bagus), kolom Rating (semakin rendah semakin bagus), Videocard Value (semakin tinggi semakin bagus) dan Harga.
Tapi Jangan heran kalau VGA Laptop nilainya berkisar antara ratusan dan jarang sampai ribuan,,, padahal di situs tersebut ada yang nilainya sampai ribuan, karena dicampur ama VGA AddOn PC Desktop. Karena ya itu tadi, walau secanggih apapun juga VGA Laptop tetap akan kalah karena keterbatasan supply energy, space tempat dan komponen dibandingkan dengan PC Desktop yg benar2 didesain untuk gamer,,, Laptop Gamer Alienware seharga duapuluh jutaan lebih saja hanya membenamkan VGA GeForce GTX 560M yang mempunyai nilai Passmark G3D 1534 dan rating no 76 terbaik. Tapi tenang,,, berdasrkan pengalaman penulis, skor Passmark G3D minim 198 saja sudah lumayan ngacir buat main COD Modern Warfare 1 dan 2. Tentu saja dibantu dengan prosesor minimalis Pentium Dual-Core T4500 @ 2.30GHz dan RAM 2 GB DDR2.
O iya,,, 1 lagi, kapasitas memory VGA juga patut diperhitungkan. Untuk memainkan game-game generasi baru sebaiknya Memori VGA minimal 1 GB agar tidak memberatkan kerja prosesor dan RAM Dedicated itu sendiri.

3. RAM (Random Acces Memory)
Sudah tahu fungsi RAM-kan ? kalau belum silakan googling sendiri, pokoknya fungsinya sebagai penyimpan memori sementara. Semakin besar nilai kapasitas RAM tentu semakin bagus. Untuk laptop jaman sekarang, usahakan minimal 2 GigaByte.
Jenis dan generasi RAM juga penting, carilah RAM dengan Jenis DDR3 (terbaru saat ini) dengan lebar bandwith 12800, umumnya ada yang PC 5300, PC 6400 dll. RAM 2GB DDR3 PC12800 berarti RAM tersebut bertipe DDR3, mempunyai kapasitas penyimpanan data sementara 2 GB dengan kemampuan membaca data 12800 Mb perdetik, dan tentu saja semakin besar semakin bagus.

4. Hardisk
Sudah jelas fungsi hardware yang satu ini, sebagai penyimpanan data secara tetap. Semakin besar kapasitas tentu saja semakin bagus. Rata-rata hardisk sekarang mempunyai kapasitas diatas 320 GB minimal. Selain itu lihat juga RPM-nya alias Rotation PerMinute, semakin besar juga semakin bagus, cuma rata-rata berkisar antara 5400 RPM dan 7200 RPM

5. Hardware yang lain seperti Audio, DVD Room, Adaptor, slot expansi untuk RAM tinggal ngikutin aja, umumnya juga ga terpaut jauh selain ke-empat hardware diatas. Rata-rata kalo 4 hardware diatas sudah unggul, otomatis lainnya ngikut, seperti tipe LCD, input device, wifi, webcam  dll. Satu hal lagi yang perlu diperhatikan, sebaiknya laptopnya sudah mendukung teknologi USB 3, walaupun flashdisk USB3 masih jarang dipasaran, buat jaga-jaga aja, kalo laptop kita sudah ada slot USB3 kan lebih enak n nyaman kalo suatu saat nanti penggunaan teknologi USB 3 sudah menjamur seperti USB tipe 2 saat ini.

Mau Rental/Sewa Laptop,Komputer,Proyektor,Screen,Tv Plasma dan Printer.
Segera Hubungi Kami :
Faid (Marketing Rental Surabaya)
Email : karunia_mandiri@yahoo.com
Telp : (031) 8705532
No Hp : 085655015212 / 08123120611 / 031 70742999
atau di lokasi Rental Surabaya
jln. Kedung Asem No 47 Rungkut Surabaya 

Dear readers, after reading the Content please ask for advice and to provide constructive feedback Please Write Relevant Comment with Polite Language.Your comments inspired me to continue blogging. Your opinion much more valuable to me. Thank you.