Hati-hati, Penjahat sekarang Pindah ke Internet

No Comments
Hacker memang dikenal sebagai keladi yang menyebabkan gangguan di dunia maya. Namun, berbeda dengan yang dulu, kekhawatiran terbaru muncul yakni penjahat yang mulai masuk dalam dunia maya. Mengenai penjelasannya, akan terangkum dalam artikel ini – hati-hati, penjahat sekarang pindah ke internet – yuk disimak bareng…

Menurut pendiri dari Kaspersky Lab yakni Eugene Kaspersky, saat ini penjahat tradisional dalam dunia nyata beralih ke online. Perbedaan dari penjahat dunia nyata dan penjahat cyber semakin kbur. Dulu, pencuri dan perampok menggunakan senjata untuk melakukan kejahaan, namun untuk saat ini mereka pindah menggunakan penipuan phishing, Trojan, dan serangan denial of service. 

Tipe kejahatan yang dilakuka oleh cyber saat ini mulai tumbuh dengan menggunakan malware untuk mendukung aksi dari kejahatan tradisional. Menurut paparan dari pihak Kaspersky, par penjahat sekarang mulai menggunakan alat-alat serangan cyber untuk mencuri dan menipu di dunia maya. Kaspersky pernah menggambarkan mengenai bagaimana kartel narkoba Amerika Latin meretas sistem computer SCADA yang menjalankan pelabuhan atwerp. Hasilnya, mereka dapat membongkar container yang penuh dengan kokain tanpa sepengetahuan dari petugas. Contoh lain adalah kecelakan yang terjadi pada pesawat Spanair pada Agustus 2008 yang terjadi setelah lepas landas dari Bandara Barajas. Berdasarkan laporan, system computer internal dari pesawat telah terinfeksi malware, sehingga masalah teknis pada pesawat tidak dapat dideteksi.

Kaspersky menjelaskan bahwa dalam ruang cyber ada jarak yang sangat pendek antara penjahat dan teroris. Jika terdapat pihak yang melakukan serangan cyber dan merugikan Negara maka hal tersebut dinilai sebagai bentuk terorisme. Untuk iyulah, Kaspersky mengatakan bahwa dibutuhkan peraturan untuk membuat standar yang lebih baik bagi keamanan infrastruktur penting, entah itu dari sisi fisik ataupun cyber. Dia juga menambahkan pilihan satu-satunya untuk melindungi infrastruktur adalah dengan mengembangkan sistem operasi dan aplikasi yang aman dan juga membuat regulasi yang sangat ketat untuk system-sistem tersebut. 

Ada tambahan niiih, zaman sekarang memang tidak bisa dipungkiri lagi kan mengenai kebutuhan akan laptop dan multimedia. Teman-teman jangan khawatir, kami PT Karunia Mandiri Consultant bergerak dibidang rental/penyewaan laptop/komputer, multimedia, TV Plasma, LCD Proyektor, Screen, Printer dn lain-lain. Jangan ragu lagi bekerja sama dengan kami, produk kami sangat berkualitas, jadi bisa dipercaya. Terima kasih sudah mengunjungi blog kami...

Dear readers, after reading the Content please ask for advice and to provide constructive feedback Please Write Relevant Comment with Polite Language.Your comments inspired me to continue blogging. Your opinion much more valuable to me. Thank you.