Penyebab dan cara mengatasi kipas laptop yang berbunyi bising

No Comments
Penyebab dan cara mengatasi kipas laptop yang berbunyi bising. Beberapa hal berikut adalah penyebab yang mungkin terbilang familiar dengan indikasi bising nya kipas laptop.

1. Processor
Penyebab : 

Processor menjadi salah satu dan menjadi hal nomor satu yang wajib kita curigai. Hal ini terjadi karena pada saat tertentu suhu processor akan naik. Contoh ketika sedang bermain game kategori berat ataupun sedang melakukan fungsi multimedia. Laptop dengan “spesifikasi maksa” akan menjadi lebih panas karena ketidak sanggupan processor melakukan intruksi intruksi yang lebih berat. Dengan demikian kipas yang berfungsi sebagai peminimalisir panas akan bekerja lebih extra, sehingga putaran nya yang lebih kencang akan menyebabkan kebisingan.

Solusi :

Untuk hal ini hendaknya kita menggunakan aplikasi ataupun software seperlunya saja. Perhatikan kesanggupan si processor dalam melakukan multi tasking. Juga perhatikan kesesuaian spesifikasi hardware dengan software yang di jalankan.

2. Kipas Kotor
Penyebab :

Kipas kotor juga sangat sering terjadi. Debu pada kipas akan menjadi penghambat perputaran kipas dan seketika itu kipas pun akan menjadi berisik karena gesekan debu yang di hasilkan. Sirkulasi kipas pun terganggu.

Solusi :

Di butuhkan keberanian membongkar laptop Anda untuk meminimalisir budget atau solusi kedua Anda dapat membawanya ke ahli ataupun service centre. Risiko ketika membongkar sendiri adalah hilangnya garansi jika ada. Bersihkan kipas laptop dengan cotton bud ataupun kuas dengan ukuran sesuai. Bisa juga menggunakan benda lainya yang sekiranya lembut dan tidak merusak, seperti tisu.

3. Kipas Rusak
Penyebab :

Keteledoran pengguna awam biasanya terjadi dalam hal pemasangan kembali setelah melakukan pembongkaran laptop. Pemasangan kipas yang kurang sesuai biasanya menjadi pemicu kerusakan pada kipas laptop. Penyebab lain nya adalah usia kipas ataupun komponen laptop yang sudah memasuki ranah lansia. Seperti kesendirian ini yang sudah lebih lama dari usia laptop Anda. Oke lupakan.

Solusi :

Sekali lagi untuk meminimalisir budget Anda bisa membawa laptop Anda ke teman ataupun kenalan anda yang ahli. Siapa tau hanya terjadi kesalahan kecil yang masih bisa di tangani sendiri. Kemudian apabila laptop dirasa tidak tertangani Anda bisa membawa nya ke tempat servis terpercaya atau pun service center untuk pengecekan. Solusi terakhir adalah ganti kipas laptop tersebut.

Dear readers, after reading the Content please ask for advice and to provide constructive feedback Please Write Relevant Comment with Polite Language.Your comments inspired me to continue blogging. Your opinion much more valuable to me. Thank you.